Sisi Lain PPDB OnlinE

PPDB OnlinE, 
…..Mudah dan Transparan…, namun


Gelaran Akbar Rutinitas PPDB tahunan bagi sekolah semua jenjang mulai dari SD, SMP , SMA maupun yang sederajat sudah dimulai. Tahun 2018 ini pun seperti tahun lalu.. ada 2 jalur yang ditempuh yaitu PPDB offline dan PPDB Online. Pelaksanaan PPDB Online di beberapa wilayah Kabupaten Indonesia, ada yang masih piloting project maupun yang sudah Full semua sekolah , salah satunya dalam penerimaan peserta didik baru di Kabupaten Kebumen yang telah menggunakan PPDB Online bagi sekolah SMP NEGERI.  
Sejak diberlakukan PPDB online sesuai dengan edaran bupati dan Juknis yang dikeluarkan Dinas Pendidikan Kabupaten Kebumen.

PPDB Efek
Dari pantauan pelaksanaan PPDB Online hari pertama tanggal 25 Juni 2018, dari 53 sekolah ada 2 sekolah yang belum bisa mempublish hasil verifikasi factual pendaftar yaitu SMPN 1 Sadang dan SMPN 2 Ayah, Hal ini dikarenan sinyal dan jaringan internet yang tidak memungkinkan di wilayah tersebut. Kendala ini harus segera mendapat solusi ,dalam hal ini TELKOM belum mampu menyediakan layanan jaringan di kedua sekolah ini. semoga kedepan TELkoM bisa hadir di seluruh pelosok negeri termasuk di Sadang dan Ayah. Dari sejumlah pendaftar bisa dilihat bahwa kuota /daya tampung dari sekolah tersebut belum terpenuhi. 
melihat perkembangan pendaftar online hari kedua, dst ternyata sampai dengan dengan hari terakhir tanggal 30 Juni 2018 jumlah pendaftar belum memenuhi target daya tampung.
Kekurangan calon peserta didik ini menjadi indikasi bahwa ada pergeseran tata nilai animo masyarakat masuk di sekolah SMP Negeri. Mungkin juga efek program KB berhasil yang mengakibatkan supply dari lulusan SD yang berkurang. Bisa juga karena Sudah punya sekolah tujuan seperti di MTs, sekolah swasta modern yang berbasis keagamaan.
ini menjadi tantangan tersendiri bagi sekolah SMP negeri di awal tahun pelajaran.
dengan adanya tambahan waktu bagi sekolah yang masih kurang dari daya tampung lebih dari 20 selama 2 hari mulai tanggal 2-3 Juli 2018. semoga bisa tercukupi.. Jika sampai dengan deadline tidak tercukupi berarti sudah fik, tinggal ngolah apa adanya.. Ini juga kaitannya dengan sekolah diluar SMP Negeri agar bisa menampung peserta didik yang belum masuk di kuota SMP Negeri.  semua berjalan seiring sejalan dalam memberikan layanan yang bermutu untuk peserta didik. 
Melihat tren penurunan jumlah calon peserta didik, sudah selayaknya pihak yang berkompeten mempertimbangkan penambahan sekolah baru. Karena dengan sekolah yang sudah ada saja masih kekurangan calon peserta didik apalagi jika ditambah dengan sekolah baru yang bermunculan. 

PPDB online -- TRAnsparan dan Akuntabel.

yang jelas dengan adanya PPDB online ini memberikan wawasan bagi kita betapa teknologi bisa mempermudah pekerjaan dan akses kita. PPDB online berjalan transparan, akuntabel dan menyenangkan.

sekarang telah memasuki masa pengumuman PPDB online yang nanti secara resmi diumumkan tanggal 3 Juli 2018 mulai pukul 10.00

soo selamat menikmati PPDB online..

---------------






Komentar